RSS

tugas 3 HUKUM PAJAK



Sifat dari catatan akan ditentukan oleh kerumitan relatif dari masalah pajak. Tetapi secara umum, catatan tertentu diperlukan untuk kepentingan pengendalian administratif, untuk mendukung pengembalian pajak dan untuk memenuhi kewajiban spesifik dari undang-undang. Catatan pajak dapat dikelompokkan kedalam empat klasifikasi utama yaitu:
1. Kalender Pajak
2. Catatan Informasi
3. Berkas Kertas Kerja (working paper files)
4. Buku Besar Pendukung (suorting ledger)
Jelaskan secara rinci 4 klasifikasi utama tersebut.
JAWABAN :
1.  KALENDER PAJAK
Sebuah sarana administratif yang dibutuhkan dalam kebanyakan perusahaan adalah kalender  pajak. Ini merupakan jadwal yang berfungsi sebagai alat pengingat bagi mereka yang benanggung jawab atas tanggal jatuh tempo dari pemberkasan pengembalian pajak, penyiapan berbagai laporan, pernbayaran tagihan pajak, tanggal pemeriksaan, tanggal audit, tanggal penetapan, dan semua peristiwa pajak yang penting.
2.  CATATAN INFORMASI
Jenis pokok catatan yang lain dapat disebut “catatan informasi pajak” dan ini merupakanikhtisar dari undang-undang pajak dan masalah-masalah yang berkaitan yang mempunyai pengaruh terhadap jalannya usaha. Catatan ini digunakan sebagai referensi ketika menyiapkan pengembalian pajak dan sebagainya.
3.  BERKAS KERTAS KERJA
Catatan-catatan lain dapat dianggap sebagai berkas kerja dan memuat angka-angka dan fakta peristiwa SPT dari tahun ke tahun. Berkas/arsip operasional ini tidak terbatas macamnya dan barangkali dapat dibandingkan dengan berkas permanen dan berkas kertas kerja pada suatuaudit. Pokok yang penting adalah catatan yang lengkap dan teratur mengenai bagaimana jumlah pajak ditentukan setiap tahun, tanggal pembayaran, dan lain-lain.
4.  BUKU BESAR PENDUKUNG
Metode akuntansi terbaik yang akan dipergunakan oleh Wajib Pajak, sangat bergantungkepada bentuk usaha dan ukuran perusahaan yang bersangkutan serta sesuai dengan kebutuhanmasing-masing. Untuk kepentingan perpajakan, Wajib Pajak harus menyelenggarakan pembukuanatau pencatatan tanpa mempersoalkan prinsip pembukuan apa yang dipergunakan. Pada umumnyasemua laporan keuangan dipersiapkan untuk memenuhi tujuan tertentu, dan tujuan ini padaakhirnya akan mempengaruhi bentuk dan isi dari laporan keuangan tersebut dengan segalaketerbatasannya. Misalnya, laporan keuangan yang dipersiapkan untuk digunakanoleh paramanajer akan sangat berbeda sekali dengan laporan yang dipersiapkan untuk keperluan pasar modal dan instansi lainnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

izin copas

Posting Komentar